Rabu, 05 Oktober 2016

TIPOGRAFI PART 3

Sebagai contoh, dalam bahasa verbal, tidak mungkin orang berteriak dengan 
bentakan untuk merayu/membujuk seseorang sehingga menuruti atau 
memahami kemauannya. Begitu juga dalam tipografi, tidak mungkin membuat 
tulisan dengan bentuk tegas dan keras (seperti larangan atau bentakan emosi) 
untuk publikasi yang bersifat membujuk atau menawarkan sesuatu produk atau 
jasa..
Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi berguna dan mudah 
digunakan. Artinya tipografi berbicara tentang kemudahan membaca teks
(readability) dan kemudahan mengenali setiap huruf dan kata (legibility).
Readability dipengaruhi oleh :
 Jenis huruf
 Ukuran
 Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, perataan dan sebagainya.
 Kontras warna terhadap latar belakang.
Sedangkan legibility ditentukan oleh :
 Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan serif, kontras stroke, dan 
sebagainya.
 Penggunaan warna
 Frekuensi pengamat menemui huruf dalam kehidupan sehari-hari.

Related Posts:

  • Teori Warna (2) Proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingg… Read More
  • Apa itu CMYK? CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-Black dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah mo… Read More
  • Ostwald Color SystemOstwald Color System Warna primer adalah merah, kuning, hijau laut, dan biru. Warna sekunder adalah hijau daun, turquios, dan merah ungu . Schopenh… Read More
  • Sistem warna prangDari sekian banyak warna, dapat dibagi dalam beberapa bagian yang sering dinamakan dengan sistem warna Prang  yang ditemukan oleh Louis Prang pad… Read More
  • Munsell Color SystemPada tahun 1858, Munsell menyelidiki warna dengan standart warna untuk aspek fisik dan psikis. Munsell mengatakan warna pokok terdiri dari merah, kuni… Read More

0 comments:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com